Jadikan Membaca Alkitab sbg Gaya Hidup

Dia Ingin Lihat Kesungguhan Kita Lewat Doa yang Lama Dijawab | Matius 15:28 (TB) #ArtikelKristen #GBA

2 min read

Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh. (Matius 15:28 TB)

Tuhan Yesus beserta muridNya menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Di tengah perjalanan, ada seorang wanita Siro-Fenisia yang meminta dengan sungguh-sungguh sambil berteriak dari jauh agar Dia mau menyembuhkan anak perempuannya yang sedang menderita akibat kerasukan setan. Alasan wanita ini berteriak dari jauh, karena ia sadar bahwa dirinya merupakan seorang non Yahudi dan sering disebut dengan istilah “anjing” karena dianggap lebih rendah dari orang Yahudi. Dengan sengaja Dia tak menggubris teriakan wanita ini lantaran ingin melihat kesungguhannya dalam meminta pertolongan, terbukti bahwa wanita ini sungguh-sungguh meminta pertolongan padaNya (ayat 25). Selanjutnya, Dia mau menguji bagaimana reaksi wanita ini ketika Dia berpegang teguh pada pendirianNya yang mengatakan: “Aku diutus untuk domba-domba yang hilang dari Israel sehingga tidaklah pantas untuk melemparkan makanan yang seharusnya diberikan kepada domba, dilemparkan kepada anjing!” (ayat 24 dan 26); ternyata ia tidak membantah perkataanNya melainkan mengakuinya dengan penuh iman, bahwa ia masih bisa mendapatkan pertolongan dariNya walaupun hanya remah-remahnya saja (ayat 27).

Selain itu, ia juga memiliki kerendahan hati yang terlihat dari respon terhadap perkataanNya tersebut, perkataan hina yang didengarnya bukanlah suatu bentuk penghinaan. Oleh sebab itu, Dia tidak bsa menolak untuk tidak menyembuhkan anak dari wanita ini lantaran Dia kagum akan keteguhan iman serta kerendahan hati yang dimilikinya. Seketika itu juga anaknya sembuh (ayat 28).

Seringkali kita mengalami seperti wanita Siro-Fenisia itu. Kita berdoa supaya tempat kerja yang kita lamar mau menerima lamaran kita tetapi belum juga dapat panggilan, disembuhkan dari sakit penyakit tetapi tak ada tanda-tanda perubahan, minta hati orangtua dilembutkan sehingga mau menerima pacar kita tetap saja tak mau menerima, minta agar segera dapat momongan tetapi tak ada tanda-tanda akan segera memiliki, dan hal lainnya yang sudah kita doakan akan tetapi masih belum dijawabNya. Dia sengaja menahan diriNya untuk menjawab doa kita guna menguji kesungguhan dalam meminta, keteguhan iman, serta kesetiaan kita dalam mengikut Dia. Apapun proses yang harus kita lewati, jalanilah dengan penuh sukacita, ucapan syukur, serta kerendahan hati. Bersama kita belajar untuk mengucap syukur ketika doa kita sudah dijawabNya.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:
https://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Mat%2015:21-28
http://www.sarapanpagi.org/berkat-kepada-anjing-vt2629.html

Mari Bergabung di komunitas baca Alkitab di Gerakan Baca Alkitab!
Info lebih lanjut silahkan baca di website ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

October 2020
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Hallo👋🏻
Apakah ada yg bisa kami bantu?
Silahkan bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 Wib